Minggu, 11 Desember 2011

Susahnya Membuat KTP Indonesia

TEMA : Warga Negara dan Negara
   Indonesia yang sangat terkenal dengan berbagai macam korupsi dan berbagai macam bentuk penyelewengan, semua institusi tidak luput dari yang namanya korupsi dari jajaran yang paling bawah sampai paling tinggi semua seakan berlomba mencari kesempatan bahkan sampai ada istilah tempat basah dan tempat kering dan tempat paling basah maka disanalah korupsi bertambah parah.

   Baru-baru ini peraturan baru muncul tentang pembuatan KTP, yang mana pembuatan KTP tidak seperti biasanya yang dibuat secara massal dan serentak disetiap Desa/Kelurahan, sekarang berubah total dengan cara mengajukan sendiri dan mengurusnya dari mulai di Desa/Kelurahan setempat, sampai di Dinas Kependudukan Daerah setempat.

    Hal ini sangat memungkinkan terjadinya penyalahgunaan wewenang dari pihak-pihak terkait karena proses pembuatannya sangat rumit dan ruwet, belum lagi antrian panjang dikantor Dinas terkait yang berjam-jam menunggu seperti lagu lama bahw a untuk menyelesaikannya perlu antri dan kesabaran.

      Sebenarnya kami sebagai Rakyat ingin semua sesuatu serba mudah dan cepat, dengan dukungan Technologi dan keterampilan para pejabatnya, namun semuanya serba repot dan susah. bahkan dari fakta yang ada untuk pembuatan KTP didaerah saya pihak Desa/Kelurahan memberikan tiga opsi pembuatan KTP yang semuanya merugikan rakyat dengan sengaja dan terencana.
Opsi :
Pertama : (BIASA) ini pembuatan KTP yang lama keluarnya karena berjalan dengan lambat dan tidak begitu berat dalam hal keuangan, mungkin ini adalah bagi yang membuat KTP ini adalah orang-orang sabar dan dengan kebutuhan yang tidak begitu mendesak.
Kedua : (CEPAT) pembuatan KTP ini mungkin jauh berbeda dari yang pertama karena cepat namun ini membutuhkan biaya yang besar jauh dari biasanya yang dikeluarkan untuk pengurusan KTP, hal ini karena KTP nya sangat dibutuhkan untuk beberapa keperluan yang mendesak.
Ketiga : (EXPRES) pembuatan KTP model ini sangat cepat tidak sampai satu hari jadi, tetapi rupiah yang dikelurkan agak besar karena ini biasanya dipergunakan karena sesuatu hal yang bersifat sangat penting dan diburu waktu.

   dari tiga opsi diatas dapat digambarkan dengan jelas bahwa jalan menuju korupsi telah dibuka lebar, dan itu telah di atur oleh undang-undang. Dengan demikian semua pihak terkait dapat dengan mudah bermain-main tanpa takut kepada siapapun karena berujung kepada masalah jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar