Selasa, 30 September 2014

Tugas Pertemuan Ke-1 : Soal Tentang Telematika


1.      Apa yang di maksud dengan Telematika ?
Jawab : Telematika merupakan singkatan dari gabungan kata Telekomunikasi dan Informatika. Kata Telematika berasal dari bahasa Perancis yaitu Telematique yang pertama kali dipopulerkan oleh Simon Nora dan Alain Minc pada tahun 1978 dalam bukunya yang berjudul “L’Informatisation de la Societe”.
-          Menurut Kerangka Kebijakan Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia
Teknologi Telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan Informatika. Senada dengan pendapat pemerintah, TELEMATIKA diartikan sebagai singkatan dari TELE= telekomunikasi, MA = multimedia, dan TIKA = informatika.
-          Mengacu kepada penggunaan dikalangan masyarakat telematika Indonesia (MASTEL):
Telematika berarti perpaduan atau pembauran (konvergensi) antara teknologi informasi (teknologi komputer), teknologi telekomunikasi, termasuk siaran radio maupun televisi dan multimedia.
-          Secara umum,
istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
-          Secara lebih spesifik
istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalu lintas (road vehicles dan vehicle telematics).

2.      Berikan penjelasan anda !
Jawab : berdasarkan pendapat-pendapat tersebut dapat di ringkas penjelasan tentang yang ddimaksud dari Telematika, yaitu Telematika merupakan sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik. Telematika memiliki kemampuan yaitu dapat mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap dengan jangkauan seluruh dunia dan dalam berbagai cara seperti perantaran suara (telepon & musik), huruf, gambar, dan data atau kombinasi-kombinasinya maupun teknologi digital. Jasa telematika diselenggarakan untuk umum seperti Online, Internet dan untuk keperluan kelompok tertentu seperti Intranet.
Bentuk dari Telematika antara lain yang berbentuk web dalam bidang E-Government, E-Commerce, E-Learning, E-Medicane, E-Laboratory, E-Technology, E-Research. Bentuk telematika lainnya selain berbentuk web tetapi dari hasil kerja satelit seperti  GPS (Global Positioning System), GLONAS, GALILEO, Google Earth, 3G dan kini 4G, kompas digital, sistem navigasi digital untuk angkatan laut dan udara, serta teleconference.

3.      Berikan contoh kelebihan dan kekurangan !
Jawab :
Kelebihan Telematika :
-          Memudahkan kita dalam memperoleh data/informasi dimana saja, dan kapan saja sesuai kebutuhan.
-          Meningkatkan kinerja pelaku usaha karena kemudahan pengaksesan informasi dan penyelenggaraan transaksi sehingga dapat meningkatkan keuntungan secara ekonomi.
-          Memotong alur proses yang panjang dalam penyelenggaraan birokrasi pemerintah.
-          Mempererat hubungan antar personal, antar wilayah dan antar Negara tanpa ada batasan ruang dan waktu.
-          Meningkatkan dan memacu roda perekonomian nasional.

Kekurangan Telematika :
-          Meningkatnya tingkat kejahatan menggunakan media internet dan terjadinya penyalahgunaan informasi.
-          Informasi dan data yang mudah diperoleh tidak hanya informasi yang bersifat positif tapi juga negatif.
-          Kurangnya keamanan pengaksesan informasi negatif dapat meningkatkan kejahatan dalam masyarakat, seperti peredaran video porno di internet meningkatkan pemerkosaan dan pelecehan seksual.
-          Kurangnya privasi pengguna, karena kurangnya keamanan jaringan sehingga dapat dengan mudah disusupi oleh hacker/cracker ataupun virus.
-          Meningginya individualisme masyarakat, karena tidak ada batas ruang dan waktu menyelusur dunia maya sehingga terkadang menjadi lupa diri, dan tidak mengenal sekitar.

4.      Berikan Saran anda !
Jawab : penggunaan telematika dalam bentuk e-learning sebaiknya dilakukan pada materi pelajaran tertentu seperti halnya pada materi pelajaran pelengkap (misal diskusi soal matematika) atau pelajaran pengganti (misal pelajaran pengganti pelajaran di dalam kelas).

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar