Senin, 08 Juli 2013

Pengalaman Ikut Tes Asisten Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma

saya mau berbagi cerita nih waktu saya mencoba daftar jadi asisten laboratorium Sistem Informasi (AsLab SI) di Gunadarma PTA 2013-2014.
waktu itu  kampus saya lagi membuka open recruitment Asisten LabSI..
sebenarnya saya sama sekali tidak ada niat untuk daftar karena ajakan dari teman saya dan ortu juga support  jadi saya mencoba2 untuk daftar dan saya mendaftar pada hari-hari terakhir pendaftaran. teman saya pun membantu saya untuk melengkapi persyaratan yang diperlukan.

pada hari Rabu, 03 Juli 2013 jam 09.05 , saya mendapat SMS dari Panitia Recruit Ass LabSI yang isi SMS nya diminta untuk hadir dalam acara "Teknik Pelaksanaan Ujian Masuk Calon Asisten" di ruang Lab SI ruang J15A pada jam 17.00.
pada saat ini  semua calas yang hadir , pertama mengisi absensi kehadiran setelah itu diberikan kartu peserta Calas LABSI dan dipanggil satu persatu untuk mengambil dua buah kertas gulung yang didalamnya terdapat nama bahasa pemograman yang nantinya akan diuji pada tes Programming & dipersentasikan pada tes Tutorial. bahasa pemograman yang diujikan berupa : C++/Pascal & Latex/ Excel Macro.
dan saya  mendapat bahasa pemograman C++ & Latex .. wow ,,, hahaha :D
Tes Asisten LABSI ini dilakukan selama 2 hari , yaitu pada hari Kamis, 04 Juli 2013 2013 jam 17.15 adalah Tes Programming.
pada saat tes ini saya mendapat ruangan Lab di J15A ,di tes programming ini saya mendapat soal nomor 4 pada c++ dan setelah saya buka folder c++ yang ke 4 .. dreng dreng ternyata saya disuruh membuat menu pada c++ yang didalamnya terdapat program biodata, deret bilangan fibonaci, animasi dan program menu ini menggunakan statement perulangan switch-case.. di tes program c++  saya hanya bisa menampilkan output program biodata saja .. saya sangat gugup sekali sehingga kehilangan konsentrasi  .hahaha
selanjutnya setelah selesai tes program C++ kemudian jeda istirahat untuk sholat 15 menit kemudian lanjut untuk tes program LateX , di program LateX saya cukup yakin bisa , tapi ternyata ....
pada saat itu saya mendapat soal no 1 dan saat saya membuka soalnya ternyata saya disuruh membuat tabel yang sangat susah sekali bagi saya ...  saya tetap berusaha membuat program sebisa mungkin walaupun hasilnya tidak sama dengan output yang ada pada soal ,, hhihihi 
akhirnya waktu tes programming selesai dan saya sangat tidak yakin bisa diterima jadi AsLab karena saya belum mahir program, hal ini sangat dibuktikan pada tes programming ini. sebelum pulang kakak Aslab membagikan print-out program c++ yang tadi didapat untuk dibawa pulang dan dikerjakan karena besok akan di jadikan bahan materi untuk tes tutorial.
saya masih pantang menyerah, lanjutkan saja karena saya suka mencari pengalaman jadi saya menjalani tes ini dengan enjoy .. keesokan harinya, Jum'at, 05 juli 2013 jam 17.15 di hari ini saya mengikuti Tes Tutorial dan Wawancara.
pertama seluruh calas disuruh untuk mengisi kuesioner sambil menunggu giliran untuk tes tutorial atau tes wawancara. beberapa menit kemudian nama saya dipanggil untuk tes Tutorial terlebih dahulu. di tes ini saya sangat terlihat gugup dan gemetar serta malu sekali karena saya disuruh menjelaskan program c++ layaknya seperti seorang Aslab  didepan kakak-kakak Aslab yang berperan sebagai praktikan. saya menjelaskan sangat buruk tidak jelas dan suara saya yang kecil ditambah saya kebingungan . pada akhirnya setelah itu saya diberikan banyak kritikan,masukan, nasehat dari kakak-kakak Aslab mengenai pendapat mereka tentang performance tutorial saya . kemudian setelah tes Tutorial selesai, saya dipanggil untuk wawancara dan ini pertama kalinya saya wawancara, rasa gemetar pun ada lagi namun bisa dibilang di tes wawancara ini tidak begitu terlalu tegang seperti tes-tes sebelumnya.  saya menjawab apa adanya saya.
keesokan harinya, Sabtu, 06 Juli 2013 ini merupakan hari yang sangat menebarkan , karena merupakan hari pengumuman diterima atau tidaknya menjadi Asisten Laboratorium Sistem Informasi Universitas Gunadarma Periode 2013-2014 . pengumuman tersebut diberitahukan kakak panitia recruit. melalui SMS, saya pun menunggu SMS konfirmasi tapi ternyata saya dinyatakan BELUM LOLOS atau GAGAL untuk diterima menjadi seorang AsLab SI .. hiks hiks .. ya sudahlah , saya terima kenyataan ini dan ini merupakan pengalaman dann pembelajar saya utuk maju kedepan ,yang pastinya saya pantang menyerah untuk mendaftar asisten atau petugas lainnya di kampus karena itu keinginan saya. ya TETAP SEMANGAT ! :)

1 komentar: