Jumat, 23 Desember 2011

Manfaat Ilmu Sosial Dasar Bagi Mahasiswa

TEMA : ISD Sebagai Salah Satu MKDU

Apa manfaatnya kita mempelajari Ilmu Sosial Dasar di Perkuliahan ?



Akhir-akhir ini banyak Universitas-universitas di Indonesia sudah mulai menerapkan Ilmu Sosial Dasar sebagai mata kuliah softskill. apa itu softskill? Softskill adalah suatu kemampuan yang akan didapat oleh siswa dalam hal hubungan antar sesama dalam kehidupan sehari-hari. melalui softskill ini diharapkan juga para mahasiswa untuk bisa bergaul dengan benar dan baik dengan lingkungan disekitarnya.

Nah, muncul lagi sebuah pertanyaan seperti ini : kenapa sih harus ada namanya mata kuliah ilmu sosial dasar ini? kompetensi apa yang diharapkan melalui mata kuliah ini? sebelum kita menjawab lebih lanjut , ada baiknya kita mengetahui tujuan dari Ilmu Sosial Dasar itu sendiri. tujuan yang paling utama atau kompetensi yang diharapkan ketika mempelajari ini adalah memberikan pengetahuan dasar  dan pengetahuan kepada mahasiswa tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial yang terjadi disekitarnya.


Ilmu Sosial Dasar ini, walaupun bukan mata kuliah utama, tapi sifatnya wajib. kenapa? karena mata kuliah ini ditujukan supaya kita dapat aktif ditengah-tengah lingkungan kita saat ini maupun di masa yang akan datang nanti. mata kuliah ini bukanlah suatu disiplin ilmu tetapi lebih merupakan kajian yang sifatnya multi atau interdisipliner (membuat seseorang atau beberapa mahasiswa menjadi mahasiswa yang berdisiplin dan berfikir dewasa).


Nah, jangan memandang kalau mata kuliah ini tidak berbobot, tetapi lihatlah dampak yang akan ditimbulkan apabila kita mempelajari ini didalam perkuliahan. jika kita mempelajari dan mempraktekkan dengan sungguh-sungguh mata kuliah ini, maka kita dapat memiliki tingkat kepekaan sosial yang tinggi terhadap lingkungan sosialnya. selain itu kita bisa memiliki kepedulian sosial dalam menerapkan ilmunya didalam masyarakat. sangat penting sekali bukan? kita adalah makhluk sosial , yang tidak bisa hidup hanya sendirian saja. kita perlu bersosialisasi dengan orang lain juga. oleh sebab itu, kita harus mempelajari kehidupan sosial ditengah-tengah dunia ini seperti apa dan bagaimana cara kita untuk menjaga hubungan sosial ini tetap harmonis dan baik.


" penelitian membuktikan bahwa manusia apabila dikurung didalam sebuah ruangan yang luas dengan berbagai macam benda yang diinginkan dan ditinggal sendirian, ia merasa tidak tenang dalam hidup meskipun semua benda yang diinginkannya telah  tersedia karena rasa kesepian itu. kesimpulannya adalah manusia tidak bisa hidup sendirian."


*sumber : http://massofa.wordpress.com/category/mkdu/ dengan beberapa pengubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar