Kamis, 05 Juni 2014

Membuat Laporan Buku


Laporan Buku
Judul Buku  : Mahir dalam 7 hari Adobe Dreamweaver CS6 dengan Pemograman PHP & MySQL
Penerbit          : C.V ANDI OFFSET (Penerbit ANDI)
Sistematika     :





1.      PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Adobe Dreamweaver, dulunya dikenali sebagai Macromedia Dreamweaver ialah atur cara penyunting HTML yang diperkembangkan oleh Macromedia (kini diambil alih oleh Adobe). Ia merupakan sistem penyuntingan yang menggabungkan daya pengeluaran WYSIWYG (What You See Is What You Get) dengan kuasa pengawalan kode HTML. Penggabungan ini adalah unik pada keakhiran 1990-an dan menyebabkan penggunaannya secara meluas. Ia sekarang terdapat dalam versi Macintosh serta Windows, dan memegang lebih kurang 80 peratus daripada pasaran atur cara penyunting HTML yang profesional. Versi yang terkini adalah "Dreamweaver CS6". Dreamweaver telah menerima beberapa anugerah, termasuknya "Persembahan Terbaik di Dunia Internet" ("Best Show at the Internet World"), pemeringkatan lima-tikus yang berprestij daripada DuniaMac (MacWorld), serta "Atur Cara Web Tahunan Yang Terbaik" daripada "Majalah PC" (PC Magazine).
Ciri-ciri Dreamweaver yang terbaik termasuk kod HTML yang kemas serta sokongan kepada pilihan-pilihan HTML yang terbaru (seperti HTML Dinamik dan gaya sunting melata (cascading style sheet (CSS)). Fungsi utama Adobe Dreamweaver adalah untuk membuat desain web, pemrogram, dan pengembang aplikasi dari semua tingkatan. Maka dari itu, penulis ingin membuat laporan buku mengenai Adobe Dreamweaver CS6.


1.2  Tujuan
·         Memahami alur kerja pembuatan website, mengenal elemen ruang kerja Dreamweaver CS6, mengenal fitur dalam Dreamweaver CS6, menginstal server local, membuat site dan pembuatan template halaman web.
·         Membuat dan mengelola halaman web, mengenal penggunaan CSS dalam halaman web.
·         Membangun layout halaman dengan menyisipkan gambar, table, CSS, Div Tag dan Ap Div.
·         Membuat link dalam halaman web, menambahkan file SWF dan FLV, membuat behavior dan efek dalam halaman web.
·         Membuat form dan objek-objek form dalam  halaman web, menambahkan objek spry dalam halaman web.
·        Mengenal script dasar PHP, mengenal operator PHP, menggunakan fungsi dan struktur kendali PHP, mengenal dan menggunakan database MySQL.
·   Mengolah database MySQL dan membuat aplikasi database MySQL dan PHP melalui Dreamweaver CS6.


1.3  Manfaat
membantu pembelajaran bagi siswa dan mahasiswa khususnya dalam menguasai Adobe Dreamweaver  CS6 dan pemograman PHP maupun MySQL yang ada di dalamnya dengan metode yang mudah untuk dipelajari.

1.4  Metode
Penulis menggunakan metode studi pustaka yang berjudul”Mahir Dalam Adobe Dreamweaver CS6 dengan Pemograman PHP & MySQL” untuk pemahaman lebih lanjut  tentang alur kerja pembuatan sebuah website  dengan menggunakan Adobe Dreamweaver.

2.      KAJIAN PUSTAKA
Adobe Dreamweaver CS6 adalah versi terbaru dari Adobe Dreamweaver yang merupakan bagian dari Adobe Creative Suite 6. Adobe Dreamweaver sendiri merupakan aplikasi yang digunakan sebagai  HTML editor professional untuk mendesain web secara visual. Aplikasi ini juga biasa dikenal dengan istilah WYSIWYG (What You See Is What You Get), yang intinya adalah anda tidak harus berurusan dengan tag-tag HTML untuk membuat sebuah site dan dapat melihat hasil desainnya secara langsung.
Dengan kemampuan fasilitas yang optimal dalam jendela design akan memberikan kemudahan untuk mendesain web. Meskipun untuk para web desainer pemula sekalipun. Kemampuan Adobe Dreamweaver untuk berinteraksi dengan beberapa bahasa pemograman seperti PHP, ASP, JavaScript, dan yang lainnya juga memberikan fasilitas maksimal kepada desainer web dengan menyertakan bahasa pemograman di dalamnya.

3.      GAMBARAN UMUM
·         Alur kerja pembuatan sebuah website dengan menggunakan Adobe Dreamweaver :
-          Membuat rancangan dan menentukan lokasi site
-          Melakukan organisasi dan manajemen file site
-          Membuat layout halaman web
-          Membuat halaman dengan kode program
-          Mengatur web menjadi aplikasi dengan isi yang dinamis
-          Menciptakan halaman dinamis
-          Menguji site dan melakukan publish
·         Fitur dalam Dreamweaver CS6
1)      Layout fluid grid
2)      Peningkatan kinerja FTP karena didukung oleh FTPS,FTpes
3)      Peningkatan support Jquerry Mobile
4)      Support PhoneGap diperbarui
5)      Transisi css3 dan HTML5
6)      Fitur live view diperbarui
7)      Panel multiscreen Preview diperbarui
8)      Integrasi Adobe Browser Lab
9)      Mendukung Integrasi CMS
10)  Isyarat kode yang lebih spesifik
11)  Integrasi Adobe Creative Suite
12)  Komunitas Adobe Dreamweaver yang semakin diperluas
13)  Didukung oleh teknologi terkemuka
14)  Selalu menjadi yang terdepan dengan W3C Validasi
15)  Mendukung Subversion
16)  Inspeksi/pengecekan CSS dan dukungan CSS komprehensif
17)  Bantuan pengkodean yang cerdas dan isyarat kode costum class PHP
18)  Setup situs sederhana
19)  CSS Starter page
20)  Terintegrasi dengan konten FLV

4.      ISI
Pembuatan sebuah website, maka langkah pertama yang dilakukan yaitu membuat rancangan dan menentukan lokasi site disini tentukanlah kemana file-file web akan diletakkan serta lakukan pengujian kebutuhan lokasi site. Pertimbangkan juga kebutuhan teknis dari site tersebut, seperti akses pemakai, browser yang digunakan, kebutuhan plug-in, serta pengaturan download. Setelah proses organisir dan pembuatan struktur, berikutnya anda dapat menentukan lokasi site. Langkah kedua yaitu melakukan organisasi dan manajemen file site disini dalam panel Files, dapat digunakan untuk menambah, menghapus, mengganti nama file atau folder yang diperlukan, Panel Files juga memiliki banyak tool untuk memanajemen site antara lain: memindahkan file menuju dan dari suatu server remote, mengatur proses Check In atau Check Out untuk mencegah file yang berlebihan, dan menyamakan file pada server remote dan local. Langkah ketiga yaitu membuat layout halaman web disini tambahkan asset dan unsure-unsur desain halaman web anda, seperti teks, image (gambar, warna, movie, suara, link HTML, jump menu, dan sebagainya. Lakukan juga pemformatan seperti member judul atau mengganti background halaman. Adobe Dreamweaver juga menyediakan fasilitas untuk memaksimalkan hasil website, dan melakukan pengujian halaman untuk memastikan kecocokan dengan browser web yang berbeda. Langkah keempat yaitu mengatur web menjadi aplikasi dengan isi yang dinamis disini banyak sekali halaman web yang mempersilahkan pengunjung untuk dapat melihat  dan mengisi data dalam databasenya. Selain itu pengunjung juga diijinkan untuk menambah  dan mengubah isi dari database. Untuk tujuan ini anda harus  melakukan  setting webserver, juga memodifikasi halaman web sehingga terkoneksi dengan database. Untuk langkah ini, tentunya anda perlu menggabungkan dengan aplikasi lain, seperti misalnya pemograman PHP dan database MySQL. Langkah kelima yaitu menciptakan halaman  dinamis disini dalam Adobe Dreamweaver, dapat menampilkan beberapa tipe isi yang dinamis, membuat form batasan, dan menggunakan komponen JavaBeans. Untuk menambahkan isi yang dinamis perlu menggabungkan dengan aplikasi lain, seperti pemograman PHP dan database MySQL. Langkah keenam atau terakhir yaitu menguji site dan melakukan publish disini pengujian halaman yang telah dibuat, merupakan suatu keharusan dalam sebuah siklus pembuatan website. Dan pada akhir siklus, harus melakukan publish untuk website tersebut. Langkah publish dapat dilakukan di dalam server local maupun server web hosting.

5.      KESIMPULAN
Dengan buku ini diharapkan pembaca akan mahir dalam menggunakan Adobe Dreamweaver CS6 dengan bahasa pemograman PHP & MySQL dalam 7 hari.



Link Studentsite Saya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar