Minggu, 24 November 2013

Penulisan Ilmiah



Judul Penelitian :
“ Membangun Aplikasi E-Library Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL “

I.                   Latar Belakang
Di zaman era globalisasi ini, perkembangan teknologi semakin pesat dan banyaknya aplikasi-aplikasi kompuer yang dibuat untuk memudahkan dalam aktivitas pekerjaan. Salah satunya yaitu aplikasi perpustakan atau e-library yang  saat ini sangat penting di dalam dunia pinjam meminjam buku , baik di kalangan sekolah menengah maupun universitas. Dengan adanya aplikasi perpustakaan, akan memudahkan para staff  bekerja dan memudahkan pengunjung untuk memperoleh buku dengan tepat secara efisien.

Dewasa ini, hampir seluruh perpustakaan memiliki aplikasi perpustakaan yang digunakan staf perpustakaan dalam mengatur keluar-masuknya buku, transaksi, member atau hanya sekedar mencari buku yang ingin dicari. Dengan adanya aplikasi ini, pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat, proses pembuatannya pun cukup mudah.

Bagaimana jika tidak ada system aplikasi perpustakaan ? tentunya, pihak staf perpustakaan akan sangat sulit dalam melakukan perhitungan transaksi, stok buku maupun siapa saja member yang belum dan sudah mengembalikan buku. Demikian, kondisi seperti itu akan mudah mengakibatkan ketidakteraturan data.

Maka untuk menimalisasi masalah tersebut, system aplikasi harus dikembangkan lagi. Dalam pengembangan aplikasi e-library ini dengan menggunakan bahasa pemograman  web yaitu PHP dan database dengan MySQL , yang tentunya aplikasi ini berbasis website. .

II.                Manfaat Teoritis Untuk Jurusan
-          Dapat membantu mahasiswa khususnya jurusan Sistem Informasi dalam mengembangkan program atau aplikasi yang dibuat.
-          Dapat membantu mahasiswa untuk lebih mendalami pengetahuan tentang Sistem Informasi Perpustakaan.


III.             Manfaat Akademis Untuk Masyarakat
Dapat membantu masyarakat yang menjadi pengunjung perpustakaan agar mengetahui informasi cara kerja system aplikasi e-library ini.


IV.             Teori
Perpustakaan secara umum merupakan suatu tempat yang dibiayai dari dana umum, baik sebagian maupun seluruhnya dan terbuka untuk masyarakat umum, serta memberikan layanan secara gratis kepada masyarakat umum. Semua anggota dapat memanfaatkan perpustakaan, tanpa memperdulikan latar belakang, usia, agama, kepercayaan, suku bangsa, ras, pekerjaan, status ekonomi, maupun golongan.

Kelebihan dari perpustakaan manual :
-          Gratis pelayanannya.
-          Terbuka untuk umum.
-          Pencataan transaksi masih menggunakan buku (manual).

Kekurangan dari perpustakaan manual  :
-          Proses transaksi kurang cepat dan tepat.
-          Proses manajemen tidak struktur dan kurang rapi.
-          Manajemen data anggota kurang terorganisir.
-          Kurangnya efisiensi waktu dan tenaga bagi pihak perpustakaan maupuna nggota yang melihat stok buku perpustakaan yang masih tersedia.


Aplikasi Perpustakaan merupakan sebuah program yang dirancang khusus untuk membantu dalam pelayanan perpustakaan secara otomatis.

Kelebihan dari aplikasi perpustakaan :
-          Proses manajemen lebih terstruktur dan rapi.
-          Membantu proses transaksi secara cepat dan tepat.
-          Dapat memanajemen data anggota secara terorganisir.
-          Dapat melakukan perhitungan  pengembalian denda maupun pergantian buku hilang secara tepat tanpa kita harus menggunakan kalkulator.
-          Dapat menampilkan anggota mana saja yang waktunya sudah harus mengembalikan buku (dalam hal ini, pihak perpustakaan dapat menelpon anggota sesuai dengan nomer  yang ditampil pada system).
-          Baik pihak perpustakaan maupun angota dapat melihat stok buku perpustakaan yang masih tersedia, sehingga akan sangat membantu sekali dalam penghematan waktu dan tenaga.
-          Jika kita integrasikan fitur SMS juga bias, yaitu sebagai reminder bagi anggota kalau hari ini adalah hari pengembalian buku yang dipinjam, sehingga dalam hal ini , anggota tidak jadi lupa.

Kekurangan dari aplikasi perpustakaan :
-          Untuk membeli aplikasi perpustakaan membutuhkan biaya yang mahal , namun apabila kita dapat membangun program tersebut akan mengurangi biaya dan menimalisasi.


Konsep pada aplikasi perpustakaan ini adalah  konsep standar metode yang sering digunakan oleh para developer web, yaitu metode “Waterfall” :
1.      Perancangan (Planning)
2.      Desain (Designing)
3.      Kode (Coding)
4.      Pengujian Sistem (Testing)
5.      Pengembangan (Maintenance)

Cara kerja pada aplikasi perpustakaan ini, yaitu berikut ini alurnya:
-          Staf memasukkan data-data utama terlebih dahulu.
Data utama yaitu manajemen kategori, anggota, dan buku. Jika diperlukan manajemen modul, manajemen staf, manajemen status member,maupun manajemen links.
-          Setelah data-data dimasukkan, staf dapat memasukkan transaksi peminjaman dengan cara : staf memasukkan ID Member dan buku yang dipinjam. Setelah staf mengklik simpan maka data akan masuk kedalam manajemen transaksi. Jika ada sesuatu hal yang tidak didukung system, maka system akan menampilkan alert peringatan kepada staf.
-          Setelah hari terlewati, staf bias melakukan manajemen pengembalian buku dari member melalui form pengembalian. Semua hal seperti waktu pinjam, jadwal kembali, dan tanggal kembali akan tercatat sehingga jika member atau anggota terlambat mengembalikan buku, maka akan tampil alert denda yang harus dibayarkan. Begitu pula jika buku yang dipinjam tersebut hilang, maka system akan menampilkan alert pergantian sejumlah uang untuk pergantian buku semua akan tertampil pada layar.
-          Setelah data pengembalian buku tersebut selesai, staf bias menampilkan sekaligus mencetak data transaksi pengembalian tersebut ke dalam format Excel.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar