“
Membangun Aplikasi E-Library Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL “
I.
Latar
Belakang
Di zaman era globalisasi ini,
perkembangan teknologi semakin pesat dan banyaknya aplikasi-aplikasi kompuer
yang dibuat untuk memudahkan dalam aktivitas pekerjaan. Salah satunya yaitu
aplikasi perpustakan atau e-library yang
saat ini sangat penting di dalam dunia pinjam meminjam buku , baik di
kalangan sekolah menengah maupun universitas. Dengan adanya aplikasi
perpustakaan, akan memudahkan para staff
bekerja dan memudahkan pengunjung untuk memperoleh buku dengan tepat secara
efisien.
Dewasa ini, hampir seluruh perpustakaan
memiliki aplikasi perpustakaan yang digunakan staf perpustakaan dalam mengatur
keluar-masuknya buku, transaksi, member atau hanya sekedar mencari buku yang ingin
dicari. Dengan adanya aplikasi ini, pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat dan
tepat, proses pembuatannya pun cukup mudah.
Bagaimana jika tidak ada system aplikasi
perpustakaan ? tentunya, pihak staf perpustakaan akan sangat sulit dalam
melakukan perhitungan transaksi, stok buku maupun siapa saja member yang belum
dan sudah mengembalikan buku. Demikian, kondisi seperti itu akan mudah mengakibatkan
ketidakteraturan data.
Maka untuk menimalisasi masalah
tersebut, system aplikasi harus dikembangkan lagi. Dalam pengembangan aplikasi
e-library ini dengan menggunakan bahasa pemograman web yaitu PHP dan database dengan MySQL ,
yang tentunya aplikasi ini berbasis website. .
II.
Manfaat
Teoritis Untuk Jurusan
-
Dapat
membantu mahasiswa khususnya jurusan Sistem Informasi dalam mengembangkan
program atau aplikasi yang dibuat.
-
Dapat membantu mahasiswa untuk lebih
mendalami pengetahuan tentang Sistem Informasi Perpustakaan.
III.
Manfaat Akademis
Untuk Masyarakat
Dapat membantu masyarakat yang menjadi
pengunjung perpustakaan agar mengetahui informasi cara kerja system aplikasi
e-library ini.
IV.
Teori
Perpustakaan secara umum merupakan suatu
tempat yang dibiayai dari dana umum, baik sebagian maupun seluruhnya dan
terbuka untuk masyarakat umum, serta memberikan layanan secara gratis kepada
masyarakat umum. Semua anggota dapat memanfaatkan perpustakaan, tanpa
memperdulikan latar belakang, usia, agama, kepercayaan, suku bangsa, ras,
pekerjaan, status ekonomi, maupun golongan.
Kelebihan dari perpustakaan manual :
-
Gratis
pelayanannya.
-
Terbuka
untuk umum.
-
Pencataan
transaksi masih menggunakan buku (manual).
Kekurangan dari perpustakaan manual :
-
Proses
transaksi kurang cepat dan tepat.
-
Proses
manajemen tidak struktur dan kurang rapi.
-
Manajemen
data anggota kurang terorganisir.
-
Kurangnya
efisiensi waktu dan tenaga bagi pihak perpustakaan maupuna nggota yang melihat
stok buku perpustakaan yang masih tersedia.
Aplikasi Perpustakaan merupakan sebuah
program yang dirancang khusus untuk membantu dalam pelayanan perpustakaan secara
otomatis.
Kelebihan dari aplikasi perpustakaan :
-
Proses
manajemen lebih terstruktur dan rapi.
-
Membantu
proses transaksi secara cepat dan tepat.
-
Dapat
memanajemen data anggota secara terorganisir.
-
Dapat
melakukan perhitungan pengembalian denda
maupun pergantian buku hilang secara tepat tanpa kita harus menggunakan
kalkulator.
-
Dapat
menampilkan anggota mana saja yang waktunya sudah harus mengembalikan buku
(dalam hal ini, pihak perpustakaan dapat menelpon anggota sesuai dengan nomer yang ditampil pada system).
-
Baik
pihak perpustakaan maupun angota dapat melihat stok buku perpustakaan yang
masih tersedia, sehingga akan sangat membantu sekali dalam penghematan waktu
dan tenaga.
-
Jika
kita integrasikan fitur SMS juga bias, yaitu sebagai reminder bagi anggota
kalau hari ini adalah hari pengembalian buku yang dipinjam, sehingga dalam hal
ini , anggota tidak jadi lupa.
Kekurangan dari aplikasi perpustakaan :
-
Untuk
membeli aplikasi perpustakaan membutuhkan biaya yang mahal , namun apabila kita
dapat membangun program tersebut akan mengurangi biaya dan menimalisasi.
Konsep pada aplikasi perpustakaan ini
adalah konsep standar metode yang sering
digunakan oleh para developer web, yaitu metode “Waterfall” :
1.
Perancangan
(Planning)
2.
Desain
(Designing)
3.
Kode
(Coding)
4.
Pengujian
Sistem (Testing)
5.
Pengembangan
(Maintenance)
Cara kerja pada
aplikasi perpustakaan ini, yaitu berikut ini alurnya:
-
Staf
memasukkan data-data utama terlebih dahulu.
Data utama yaitu manajemen kategori,
anggota, dan buku. Jika diperlukan manajemen modul, manajemen staf, manajemen
status member,maupun manajemen links.
-
Setelah
data-data dimasukkan, staf dapat memasukkan transaksi peminjaman dengan cara :
staf memasukkan ID Member dan buku yang dipinjam. Setelah staf mengklik simpan
maka data akan masuk kedalam manajemen transaksi. Jika ada sesuatu hal yang
tidak didukung system, maka system akan menampilkan alert peringatan kepada
staf.
-
Setelah
hari terlewati, staf bias melakukan manajemen pengembalian buku dari member
melalui form pengembalian. Semua hal seperti waktu pinjam, jadwal kembali, dan
tanggal kembali akan tercatat sehingga jika member atau anggota terlambat
mengembalikan buku, maka akan tampil alert denda yang harus dibayarkan. Begitu pula
jika buku yang dipinjam tersebut hilang, maka system akan menampilkan alert
pergantian sejumlah uang untuk pergantian buku semua akan tertampil pada layar.
-
Setelah
data pengembalian buku tersebut selesai, staf bias menampilkan sekaligus
mencetak data transaksi pengembalian tersebut ke dalam format Excel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar