KOLABORASI
ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA
Penjelasan
:
Kolaborasi
antar-muka otomatif multimedia atau dalam bahasa inggris disebut Automotive Multimedia Interface
Collaboration (AMI-C) adalah sebuah mkelompok yang dibuat oleh pembuat (maker) untuk menciptakan standar umum yang digunakan untuk mengatur
bagaimana cara kerja perangkat elektronik, seerti komputer dan hiburan unit,
berkomunikasi dengan kendaraan. Dan memiliki anggota: Fiatm Ford, General Motors,
Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. atau
Sebuah
organisasi yang dibentuk untuk menciptakan standarisasi dunia yang digunakan
dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat elektronik dapat bekerja disebut
Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia.
Tujuan Utama dari AMI-C sendiri adalah
untuk menyediakan interface standar bagi pengendara mobil dengan menggunakan
media komputer. Saat ini kita dapat melihat kebutuhan akan komputer tidak hanya
pada Personal Computer maupun Laptop, tetapi juga pada mobil seperti sistem
navigasi (GPS), hands-free pada telepon selular, termasuk pengenalan suara
sintesis yang berfungsi untuk komunikasi jarak dekat untuk dipersembahkan
komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur
komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input /
output.
Dan,
apa yang dimaksud dengan Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia?
AMI-C
adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menetapkan standarisasi yang
digunakan untuk mengatur bagaimana perangkat elektronik dapat bekerja seperti
komputer & alat komunikasi pada kendaraan, sehingga alat-alat elektronik
tersebut dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan kendaraan. Karena belum
tentu alat-alat elektronik tersebut sesuai (compatible) dengan setiap kendaraan
(mobil) oleh karena itu diperlukan standar agar perangkat elektronik tersebut
tidak mengganggu kerja sistem mobil.
Sejarah
AMIC
The
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998
dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia
interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai
berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang
pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang
kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan
strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil.
Untuk
berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat
komputasi mobile ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan,
kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil
‘menunda penerimaan teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk
antarmuka multimedia. Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia
Interface (AMI-C) memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di
belakang upaya standardisasi.
Depan
yang berbeda, The Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan
di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade
Association 1394 AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA:
•AMI-C
3023 Power Management Specification
•AMI-C
3013 Power Management Architecture
•AMI-C
2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
•AMI-C
3034 Power Management Test Documents
•AMI-C
4001 Revision Physical Specication.
Tujuan
dari kolaborasi antarmuka otomotif multimedia antara lain:
-Menyediakan interface standart untuk
memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan
perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular,
melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan
sitensis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat (DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
-Meningkatkan pilihan dan mengurangi
keusangan sistem elektronik kendaraan.
-Memotong biaya keseluruhan informasi
kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif
terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai
adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
-Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi
untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
FUNGSIONAL
KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA
Fungsional
Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia Telematika,sebelumnya menjelaskan
pengertian dari kata-kata tersebut agar lebih jelas dan mudah dipahami.
Sebuah
organisasi yang dibentuk untuk menciptakan standarisasi dunia yang digunakan
dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat elektronik dapat bekerja disebut
Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia.
The
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998
dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia
interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai
berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang
pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang
kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan
strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil. Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford,
General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C
mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif
yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan.
Selanjutnya
pembahasan dari tujuan dan fungsional kolaborasi antarmuka otomotif multimedia
telematika :
Dapat
menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan
berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan
hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka,
termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak
dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem
mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
Dapat
meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
Dapat
memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan
meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan -
industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap
platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan
platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
Dapat
menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam
kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
STRUKTURAL
KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA
Automotive
Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga
update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan
teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di
Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC
telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini
dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai
persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan
mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah
saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk
menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan
kita bersama-sama. “
Acton
menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis
elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh
12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler,
Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen,
Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana
untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa depan.
Kelebihan
:
-Menyediakan
interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan
berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan
hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka,
termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak
dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem
mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
-Meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
-Memotong
biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan
ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan - industri
otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform
kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform
yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
-Menawarkan
standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan
antara kendaraan dan dunia luar.
Kekurangan
:
Dengan
system AMIC ini harga jual dari kendaraan yang terdapat pada system ini pasti
di jual dengan harga mahal.
Saran
:
Dengan
kemajuan system seperti ini harus dilengkapi dengan keamanan system yang
melindungi dari berbagai ancaman, baik dari aplikasi maupun databasenya
sehingga tidak mengganggu proses kerjanya.
Referensi
:
Blognya baguss sipp lanjutkan menulisnya
BalasHapus